Wahyu Tri Sangaji
 
BAB
I

PENDAHULUAN

 

1.1            Latar Belakang Proposal

       Pendidikan merupakan hal yang amat penting pada era globalisasi ini. Pendidikan juga merupakan ujung tombak bagi kelangsungan hidup masa depan seseorang , dan pendidikan yang tinggi merupakan cita-cita serta impian pemohonuntuk bisa menjadi ujung tombak bagi pemohon pribadi dan orang-orang  di sekitar  sebagai kelangsungan hidup di masa depan dan bertahan di era globalisasi ini.

       Institut Manajemen Telkom Bandung adalah minat pemohon sebagai  jurusan  pendidikan yang dipilih, serta melalui Seleksi Mahasiswa Baru Bersama dengan Jalur Penelusuran Potensi Akademik Nasional (JPPA-N) pemohon akan berusaha dan menggantungkan harapan pemohon untuk bisa masuk dan diterima di Institut Manajemen Telkom Bandung.

       Faktor ekonomi merupakan hal pendukung bagi tercapainya pendidikan yang tinggi, dimana pada era ini pendidikan amatlah mahal serta amat  sulit dijangkau oleh golongan sosial menengah ke bawah. Golongan yang selalu pasrah akan pendidikan yang dijalankannya dan tidak terfikir jauh bagaimana kelangsungan masa depannya nanti bila pendidikan itu tidak kita terima.

       Kepramukaan adalah hal yang pemohon jalankan saat ini, dimana pramuka banyak memberikan pelajaran, kerabat, serta semangat pemohon dalam memperjuangkan ilmu dan pendidikan.

       Hal ini yang mendorong pemohon untuk berani dan mengupayakan  diri pemohon untuk bisa bersekolah membantu dalam latar belakang yang pemohon utarakan

1.2            Tujuan proposal

1.      Pengupayaan dukungan dan perhatian baik moril maupun materil terhadap pendidikan pemohon kepada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan

2.      Pengupayaan dukungan dan perhatian baik moril maupun materil terhadap pendidikan pemohon kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Selatan

3.      Pengupayaan dukungan dan perhatian baik moril maupun materil terhadap pendidikan pemohon kepada pimpinan PT. TELKOM Tbk dan CO, khususnya yang berada di wilayah Serpong-Tangerang selatan

1.3  Sasaran

1.      Agar dalam proses seleksi  mahasiswa baru bersama jalur potensi akademik unggulan, pemohon dapat diringankan khususnya dalam biaya registrasi serta hal-hal yang dianggarkan oleh panitia penyelenggara pada awpat diperal seleksi.

2.      Agar pengupayaan dan usaha pemohon dapat dipertimbangkan dengan baik dan bijaksana

 

BAB II

URAIAN UMUM

1.1            Institut  Manajemen Telkom

       Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada awalnya bernama Master of Business Administration(MBA) Bandung, sebagai penyelenggara progam S2 (MBA) yang pertama di Jawa Barat, bekerja sama dengan Asian Institute of Management (AIM) Manila, Philipina. MBA Bandung didirikan tanggal 23 Mei 1990 dengan akta Notaris Ahmad Wiranti, SH Nomor : 163/1990.

       Tanggal 10 Mei 1993 MBA Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung(STMB) dan memperoleh akreditasi “Unggul” dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 70a/d/93/1993.

       Tahun 1997 STMB membuka progam studi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika dengan akreditsi “A” dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (Ban-PT) pada tahun 2002.

       STMB adalah institusi pendidikan tinggi pertama di Indonesia yang membuka progam strata 1(S1) Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI). Desember 2005 STMB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom). Dan sebagai langkah konkrit menuju world class university (WCU), STMB Telkom telah melakukan transformasimenjadi institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada tanggal 28 Maret 2008.

       IM Telkom diproyeksikan untuk menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang manajemen bisnis sesuai progam studi yang ditawarkan berbasis information and communication technology (ICT) atau Informasi dan komunikasi (Infokom), dan entrepreneurship yang terampil dan berwawasan luas sebagai jawaban akan tuntutan persaingan bisnis pada industry infokom yang dewasa ini semakin ketat.

1.2                                                                                       Keunggulan

       Lahir dan tumbuh di komunitas industry telekomunikasi, menjadikan IM Telkom memiliki warna Information and Communication Technology yang kental dalam setiap progam studi yang diselenggarakannya:

1.      Sejak pendirian, IM Telkom telah dikenal memiliki tradisi dan komitmen yang kuat untuk memberikan pendidikan berkualitas, hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan IM Telkom yang pada saat ini telah menduduki jabatan puncak atau posisi penting di perusahaan-perusahaan terkemuka, yaitu: PT. Telkom, Telkomsel, PT. Indosat, Esia, Smart Teelkom, Bank Mandiri, BRI, Bank Jabar, BNI, Bank Niaga, TVRI, dll

2.      lingkungan bisnis global, pendidikan di IM Telkom juga dikombinasikan dengan pengembangan kompetensi kewirausahaan dan kompetensi berbahasa asing yang mendukung profesi bisnis global.

1.3                                                                                       Sistem Pembelajaran

       Progam dirancang secara unik untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah dalam bidang manajemen di sector industry infokom yang semakin konvergen. IM Telkom juga menerapkan pola link and match, yang diwujudkan dalam :

1.      Kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan di dunia bisnis/industry infokom

2.      Magang di berbagai perusahaan

3.      Progam kemitraan (Co-op)

Penjaminan mutu

1.      Menerapkan system mutu Malcom Baldrige for performance excellent mulai tahun 2003

2.      Komposisi pengajar terdiri dari para professional dan praktisi, sebanyak 90%  dari tenaga pengajar memiliki pendidikan S2 dan S3

3.      Kurikulum progam studi dievaluasi secara berkala dan diperbaharui mengikuti perkembangan industry infokom yang mutakhir.

1.4                                                                                       Fakultas

                                                                                                                                                                             

1.5                                                                                       Profil Lulusan



 

1.6                                                                                        Jalur Penulusuran Potensi Akademik Nasional

                                                                                                                     

1.7  Alamat SMBB

 

Alamat Sekretariat SMBB TELKOM 2010 :
Gedung G Lt. 1 Kampus IT Telkom
Jl. Telekomunikasi – Terusan Buah Batu
Bandung 40257

BAB III

BIAYA KULIAH

 

BAB IV

PENUTUP

       Demikian proposal ini saya sampaikan, semoga proposal ini bisa bapak/ibu pertimbangkan. Atas perhatian bapak/ibu saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum. Wr. Wb

 


Comments




Leave a Reply